Pesan Abu Untuk Wisudawan IAI Al-Aziziyah

TAUSIAH ABU SYEIKH HASANOEL BASHRI HG (ABU MUDI)[1]
1.        Dasar pendirian perguruan tinggi di dayah adalah keinginan melahirkan intelektual yang religius dan berakhlaqul karimah (Abu Mudi sendiri mengistilahkan dengan “upaya mencerdaskan orang-orang jujur”). Meningkatkan potensi intelektual mahasiswa tanpa meninggalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Ruhul Ma’had.
2.       Dayah dan perguruan tin
ggi berjalan satu atap dengan warna Ke Al-Aziziyahannya, yakni menanamkan nilai-nilai agama yang berpijak di bawah payung ahlus sunnah dalam bidang i’tiqad, berpegang pada imam mazhab yang empat dalam bidang pengamalan serta mengikuti jejak tasawuf yang diwariskan oleh Imam al-Ghazali dan Juned al-Buhgdadi.
3.       IAI Al-Aziziyah memiliki keunggulan tersendiri yang khas dan istimewa serta diketahui oleh segala lapisan masyarakat, yaitu kemampuan dibidang kajian kitab kuning sekaligus cerminan perilaku orang-orang dayah. Diharapkan agar mahasiswa lulusan IAI Al-Aziziyah menjaga dan melestarikan ciri khas tersebut, mengingat di samping merupakan kewajiban individu yang akan dipertanggungjawabkan dengan Allah SWT di yaumil hisab nanti, juga sering menjadi pantauan masyarakat ketika para lulusan mengemban nama besar sebagai lulusan Al-Aziziyah.
4.      Akhirnya kami ingin menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas keberhasilannya menjalankan studi sehingga hari ini telah sampai pada tahap akhir, di mana sebentar lagi akan di wisuda, dikukuhkan secara resmi sebagai sarjana program strata satu. Namun jangan terlalu berbangga hati, karena hal ini bukan akhir dari sebuah proses. Akan tetapi lebih kepada sebuah awal kehidupan baru, yang mana, semua yang didapatkan selama proses pendidikan (pendidikan perguruan tinggi maupun pendidikan dayah) akan menjadi bekal menjalani kehidupan pada masa berikutnya.




[1] Disampaikan Oleh Aba Sayed Mahyiddin Dalam Pengukuhan Wisudawan/wati IAI Al-Aziziyah Angkatan V tahun 2016 , Sabtu, 21 Mei 2016.
Previous
Next Post »