Teks Pidato: Bahaya Miras dan Narkoba


Ditulis Oleh

Tgk. Mukhlisuddin, SHI, MA

Penyuluh Agama Islam di Kecamatan Bandar Dua Kab. Pidie jaya
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
Segala puji bagi Allah Sang Penguasa alam semesta. Semoga salawat serta keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia. Berserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, semuanya.
Kata Ta’dhim dan Kemuliaan Untuk Waled dan Keluarga, senantiasa Allah panjangkan umur dan diberikan kesehatan selalu, dan Kepada Guru yang bernaung di Dayah yang kita cintai ini,  Penghormatan dan Kemuliaan untuk hadhirin wal hadhirat sidang Muhadharah yang dirahmati Allah.

Hadirin Sidang Pendengar yang dirahmati Allah...
            Minuman keras (Miras) adalah sebutan populer disetiap bibir manusia baik dulu maupun sekarang ini. Begitu populernya istilah tersebut, begitu banyak pula penggemarnya. Begitu pula Narkoba atau Narkotik dan obat-obatan terlarang,sangat di gemari oleh Pemuda-Pemuda ganteng dan juga oleh Putri-Putri dan Gadis-Gadis Modern yang cantik menawan.

            Dahulu Miras dan Narkoba hanya menjadi santapan orang-orang barat. Namun Namun kini telah merupakan orang-orang timur yang cendrung mengikuti pola kehidupan barat, sambil menatab hari depan yang dipandang sebagi suatu kesuksesan.Dimana-mana umat manusia dilanda kerusakan moral atau kemorosotan jiwa tua,muda,laki-laki,perempuan,kaya,miskin,hina maupun mulia nyaris semuanya terlibat Ganja terbius Narkotika, bahkan tergiur dengan Pil Ektasi, yang telah membuat mereka plai atua terbang keangkasa Raya, tanpa menggunakan alat transportasi;
            Pada mulanya berkembng di kota-kota besar,lagi beringsut ke kota-kota kecil,sampai ke Desa-desa yang penduduknya berada pada level paling rendah dan hidup dibawah garis kemiskinan.

Hadirin Sidang Pendengar yang dirahmati Allah...
            Allah SWT,telah mengharamkan minuman keras dan segala yang memabukkan melalui beberapa tahap,karena para sahabat pada waktu itu sangat terikat dengan Khamar.Pengharaman pertama dengan FirmanNya yang akan dibacakan berikut ini:
* y7tRqè=t«ó¡o ÇÆtã ̍ôJyø9$# ÎŽÅ£÷yJø9$#ur ( ö@è% !$yJÎgŠÏù ÖNøOÎ) ׎Î7Ÿ2 ßìÏÿ»oYtBur Ĩ$¨Z=Ï9 !$yJßgßJøOÎ)ur çŽt9ò2r& `ÏB $yJÎgÏèøÿ¯R 3 štRqè=t«ó¡our #sŒ$tB tbqà)ÏÿZムÈ@è% uqøÿyèø9$# 3 šÏ9ºxx. ßûÎiüt7ムª!$# ãNä3s9 ÏM»tƒFy$# öNà6¯=yès9 tbr㍩3xÿtFs? ÇËÊÒÈ  
Artinya: Mereka bertanya kepadamu tentang khamar[136] dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,(Surat Al-Baqarah. Ayat:219)

Hadirin Sidang Pendengar yang dirahmati Allah...
            Banyak orang setelah ayat ini diturunkan masih bergelimang dengan khamar.Begitulah kekutan drug abuse yang terkandung didalamnya, sungguh dapat menimbulkan kecanduan yang luar biasa.
            Pengharaman Khamar secara tegas telah disebutkan Allah SWT dalam ayat yang akan dibacakan berikut ini:
y$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä $yJ¯RÎ) ãôJsƒø:$# çŽÅ£øŠyJø9$#ur Ü>$|ÁRF{$#ur ãN»s9øF{$#ur Ó§ô_Í ô`ÏiB È@yJtã Ç`»sÜø¤±9$# çnqç7Ï^tGô_$$sù öNä3ª=yès9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÒÉÈ  
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Hadirin Sidang Pendengar yang dirahmati Allah...
            Semua orang berhenti mangkomsumsi Khamar, setelah ayat ini diturunkan karena sudah begitu jelas hukumnya adalah haram qath’iy. Apalagi karena pada materi Kamar itu terdapat elemen-elemen negative seperti menimbulkan permusuhan an kebencian sesama manusia, menghalangi mengingat Allah dan juga menghalangi untuk mengerjakan shalat.maka Allah mengatakan dengan tegas. Berhentilah kamu dengan segera dari  pada mengkonsumsinya.
            Khamar mengandung unsur eianol yang memabukkan, begitu pula Narkoba. Lalu apakah mamfa’at menggunakannya. Khamar dapat merusak organ tubuh manusia,mengganggu kestabilan jiwa dan juga dapat membuat seseorang Edan dan Eksentrik. Narkoba justru lebih dari itu, ia dapat meruntuhkan semua sektor kehidupan manusia. Sebab itu penggemar Khamar dan Narkotika tidak segan-segan membunuh manusia, pecandu Khamar merasa malu mencuri, korupsi, berzina dsn melakukan berbagai kejahatan; karena bagi dia tidak ada bedanya yang bwnar dengan yang salah, yang hak dengan yang bathilmelakukan kejahatan justru merupakan  suatu kebanggaan bagi dia.

Hadirin Sidang Pendengar yang dirahmati Allah...
            Pecandu Khamar dan Narkoba dapat berarti telah murka kepada diri sendiri, murka pula kepada seluruh masyarakat sekitarnya. Lebih dari itu telah berupaya menguburkan dirinya sendiri sebelum mati. Betapa banyak pecandu Khamar dan Narkoba yang menderita Depresi; lalu meningkat kepada Neurosis dan bermuara kepada phichomatik, yang menyerang fisik dan mentalnya sekaligus mereka telah membinasakan diri sendiri, pada hal Allah melarangnya dengan firmanNya yang maksudnya;  Janganlah kamu mencampakkan dirimu sendiri kejurang kebinasaan disamping itu peminum Khamar dan pemakai Narkoba setiap saat bikin ribut dan mengganggu ketrentraman orang lain. Mereka benar-benar telah melanggar petunjuk Rasulullah SAW dalam sabda Beliau.
(Janganlah memberi mudharat kepada diri sendiri dan tidak boleh pula membahayakan orang lain.)
            Begitu jeleknya danpak Miras dan Narkoba, apakah belum lagi tiba waktunya untuk diberantas, apa belum lagi saatnya untuk stop penggunaannya, apakah belum waktunya mencegah anak-anak Dan pemuda-pemuda yang telah terlibat didalamnya, atau apakah waktunya untuk diberikan sangsi yang layak bagi pangguna dan penggemarnya (Apakah belum tiba saatnya dihentikan segala yang terlibat didalamnya.?

Hadirin Sidang Pendengar yang dirahmati Allah...
            Dari syarahan yang telah kami sampaikan tadi dapat diambil kesimpulan sbb:
  1. Miras dan Narkoba adalah materi yang dapat merusak manusia, sekaligus jiwa dan raga
  2. Miras dan Narkoba dapat menimbulkan permusuhan, kebencian sesama manusia, lupa mengingat Allah, menghalangi sembahyang dan dapat mengundang malapetaka.
  3. Miras dan Narkoba perlu dihentikan segera atau, semuanya harus segera melepaskan diri dari pada ketergatungan kepada barang-barang haram dan durjana itu.

Akhirul qalam wabillahi taufiq walhida

Silahkan Donwload Link Berikut di Mediafire
Previous
Next Post »